Balada Baso Malang, Antara Cikini dan Pasar Minggu

Sekarang udah tiga hari aku ngisi blog ini. Beginner's syndrome: can't live a day without blogging. Nggak tahu deh nanti-nanti gimana. I know I'm not alone in this case.

angpaw

Mo deket lebaran gini gue udah mesti mulai ngitung-ngitung. Berhubung sekarang gue udah makan gaji, aturan tak tertulis mewajibkan gue memberikan sebagian dari gaji gue itu buat angpaw lebaran. Nah masalahnya banyak sekali yang sudah masuk daftar tunggu angpaw. Bughh, it's a loong list *kepala gue mulai mengeluarkan asap. poof-poof*.

Nyokap ngingetin, jangan lupa buat ngirim ke nenek. Oke, nenek gue boleh lah jadi prioritas pertama. Soalnya nenek gue seneng banget kalo dapet kiriman dari cucunya. Terus dia bakalin ngebanggain cucu-cucunya yang udah bisa ngirim ke dia. Sama nenekku itu, yang jelas, kiriman uangnya yang bakalan dibagiin lagi sama orang lain. Yang enaknya pasti gue bakalan didoain. Yuhuhu, minta didoain apaan ya? *kayaknya minta enteng jodoh aja. standar banget.* Yang itu jelas lah. Apalagi kemaren bokap udah nanya, 'Kapan kawin?' *nadanya serius. Dan gue suka masih gak bisa ngebedain apa itu serius apa enggak. Am I that old?*. Jawaban gue sih emang singkat, 'Beneran nih boleh cepet-cepet?' *sambil ngelirik nyokap. dia senyum aja.*. Whatever. Yang jelas doa nenek gue itu ampuh bener. Terus sempet ada pola yang berkembang, siapa aja yang mo tinggal di rumah nenek dan ikut bantu-bantu ngurus rumah dan mijitin nenek, pasti cepet dapat jodoh. Nenek gue emang hidupnya penuh berkah buat keluarganya dan orang lain. Semoga nenek terus sehat.

Balik lagi ke soal angpaw, selama gue belom kawin juga, alamat setiap lebaran gue tekor. Iyalah yang dikasih anak orang terus, anak sendiri belum punya. Jadi pengeluaran besar, pemasukan nol. *perhitungan banget!* Jadi kayaknya mesti diakalin nih gimana cara baginya supaya pada seneng semua. Makanya, keponakan-keponakanku, *yang belom pada bisa baca blog gue* doain oom kalian supaya banyak duit biar bisa ngasih lebih banyak lagi. Amiin. *senengnya jadi oom. apalagi kalo jadi ayah*

Inget cerita baso malang di postingan kemaren? Pertama kali gue makan di situ diajakin sama sepupu gue makan di situ sebelum nonton S.W.A.T. Sebelumnya gue nggak pernah tahu ada warung baso malang deket situ. Yang gue tahu di Megaria a.k.a Metropole 21 yang terkenal (selain bioskopnya) adalah ayam bakarnya. Ternyata ada lagi tempat ngebakso yang enak. Udah gitu pas pulang gue cerita-cerita sama orang rumah. Ternyata adek gue yang kuliahnya di FKG UI yang deket situ juga belom tahu. Bener-bener nih tempat kurang publikasi kayaknya.

Seminggu kemudian, sepulang dari kerja udah gue rencanain buat mampir di situ. Laper, jadi gue ambil 8 potong (baso, tahu, dkk). *maruk banget.* Berhubung gue lagi baek, ah bawain buat orang rumah deh soalnya kesian kalo pada ngiler cuma dengerin cerita gue doang tentang enaknya baso di situ.

Gue (setelah ngebungkusin 20 biji bakso malang campur): Kuahnya pisahin ya bang!
Si Abang : Oke deh.

Sementara dia ngebungkusin kuah bakso, gue ngeliat banyak banget tulang di dalam kaldu kuah. Gw pikir, boljug nih, minta ahh.

Gue: Bang, bagi tulangnya dong. (Yah, konteksnya ngerti sendiri lah, masa gw minta tulangnya si abang, emang gw Sumanto?!?!)
Si Abang : (tanpa ngomong, ngambilin beberapa potong tulang)
Temennya si Abang: (tanpa ngomong juga, nambahin banyak banget tulang dari wadah lain.)
Gw:(susah ngomong. Busyet si abang ngasihnya marah apa nggak nih. Tapi kayaknya dia sih senyum-senyum aja, berarti ikhlas dia. Tapi gimana cara bawanya, gw 'kan mo naek kereta. Ah bodo lah. Tapi kalo orang di kereta ngeliat gw bawa tulang kayak gitu, pada curiga nggak ya?)

Berat banget tentengan gue, rada salah perhitungan gue. 'Kan gue mo pulang naek kereta, bakalan ribet nih. Ya udahlah masukin ke dalam tas kayaknya bisa. Tapi panas banget.

Kekhawatiran gue terbukti. Kereta lagi penuh. Dan sesak. Dan panas. Gimana rasanya kalo ditambahin lagi panas dari baso malang+tulang-tulang ini yah? Repot banget gue ngejagain supaya tuh plastik nggak buyar di dalam tas gue. Berabe banget kalo kejadian kayak gitu. Udah gitu gue 'kan nggak bisa sembarangan naroh tas gue. Kasian juga gue sama orang yang kesenggol sama panasnya tas gue itu. Huik huik. Pasti dia mikir, "Ini kereta tiap hari kenapa tambah panas aja yah. Perasaan gua pantat gue kok panas gini." Sorry, bukan maksud. Dan akhirnya, my faithful friends, gue nyampe dengan selamat. Terbukti gue bisa nyeritain hal yang kadar kepentingannya rendah ini sama kalian semua.

Back to work!

Comments

Popular Posts