Bandung Road Trip

Setelah beberapa bulan menunggu, akhirnya hari Jumat kemaren berhasil juga berangkat ke Bandung. Jam delapan bertiga berangkat dari Cipinang dengan hati riang dan bernyanyi-nyanyi sepanjang hari, ge-er banget dengan rencana road trip ini.
 
Di sepanjang perjalanan Jakarta-Purwakarta-Subang, keadaan relatif aman terkendali meskipun di ruas jalan Purwakarta-Subang sempat terjadi insiden kecil. Pas di belokan yang cukup tajam, sebuah dus dari bus bermuatan penuh yang melaju kelewat cepat, terlempar dan menghantam bumper mobil. Kagetnya itu! In a split second, I thought we had been badly hit. Bagusnya keadaan tidak sebegitu parahnya sehingga perjalanan dapat dilanjutkan kembali.
 
Sampe di Sariater jam sebelas malem. Langsung nyebur! Kalo kamu belum pernah ke Sariater, saran gw, dateng ke situ malem-malem aja berhubung enak banget berendam di air panas di tengah cuaca malam. Acara berendam berlanjut sampai sekitar jam setengah dua. Itu juga cuma gara-gara gak kepengen ini keriput di telapak tangan menjadi permanen efeknya dan juga gara-gara sadar that too long a hot bath could kill your tadpoles in your tank. Nongkrong-nongkrong sebentar sambil minum teh sama kopi di pinggir kolam sambil menghayal dikit. Sayangnya cuaca nggak begitu terang jadi hanya bulan penuh yang kelihatan bertengger di sudut langit tanpa ditemani kehadiran sepercik pun sinar bintang.
 
Abis acara mandi, jalan-jalan dikit di sekitar tempat pemandian, sekalian nyari mesjid. Begitu dapet, niatnya sih pingin langsung tidur. Tapi kayaknya satpam di situ gak ngebolehin orang tidur di mesjid. Kasihan kali musafir ini! Terpaksa deh balik buat tiduran di mobil, nungguin subuh. Lumayan sebelum tidur ada sedikit tontonan, pas banget di depan mobil banget, orang mabok yang keukeuh jeung loba kecap kena bogem mentah sama petugas keamanan Sariater. Bodor banget ngeliat tuh orang dinaikin ke motor dan, nggak lama setelah motornya jalan, jatuh merosot lagi berhubung dia jelas-jelas nggak bisa pegangan.
 
Pas subuh baru deh mulai jalan lagi. Setelah mampir di mesjid buat sholat, langsung mobil digas menuju Bandung. Ngejar sarapan nih ceritanya. Tangkuban Perahu dilewatin aja, walaupun tadi malam sempet ada rencana buat ke situ ngeliatin sunrise. Tapi kayaknya ada yang gak kuat sama bau belerang. Akhirnya langsung ke Bandung aja, ke Pasar Simpang dago, buat makan ketupat sayur Padang, langganan gw sarapan dulu saban pagi.
 
Abis sarapan, numpang morning download di McD Simpang. Sebenarnya sih gak numpang-numpang banget, soalnya di situ sempet beli second breakfast dan minuman buat di jalan.
 
Dari situ baru deh ke arah Buah Batu buat nyari alamat temen sepupu gw. Hampir dua jam juga tuh muter-muter nyari alamat di daerah situ padahal mestinya dengan lalu lintas yang lengang kayak gitu bisa ditempuh kurang dari satu jam. Begitu dapet, bawaannya pingin tidur terus di situ. Nyaris lupa kalo kita ke Bandung nih buat jalan-jalan bukan buat tidur melulu.
 
Dari Buah Batu, gw ngajakin makan di road Cafe di jalan Ciliwung. Terakhir kali makan di sini ya setahun yang lalu. I have to admit that even to this day, I found it very difficult to pronunciate the food list comprising of the mouthful names like Beef Stroganoff, Cordon Bleu, and Mexican Piatta, and, furthermore, to precisely figure out what actually those food look and taste like. Tapi yang jelas Rp 50 000 cukup buat makan bertiga di situ. We left the place with full-stomach and a slightly rising blood tension and cholesterol level.
 
Dari Ciliwung, baru deh memutuskan nyari hotel di daerah Dago. Pede abiss, nggak inget kalo akhir pekan kayak gitu 0% kemungkinanannya dapet hotel yang layak (apalagi yang cocok sama kantong.)
 
Villa Tomat, Bukit Dago, Patra, Sawunggaling, Nalendra, Sarijadi, Sukajadi, dan beberapa hotel lain yang sempet disinggahi menjawab dengan kompak dan suara bulat: Maaf pak, kamarnya penuh. Udah gitu hujan turun. Rintik-rintik pulak. Niat menikmati keriaan di jalan Dago disambung dengan tidur di mobil sepertinya gak bisa dilaksanakan begitu aja berhubung kebingungan mo parkir di mana. Bukannya gak punya duit, tapi gak berani aja nanyain ke hotel yang bintang empat kayak Jayakarta, Savoy Homann, atau Preanger apa di situ masih ada kamar atau nggak.
 
Akhirnya ke Cihampelas saja. Ke Sari Raos buat beli pesanan oleh-oleh yang mo dibawa ke Medan. Abis kira-kira 100 ribuan buat beli barang ringan makan tempat, yang kalo dipikir-pikir gak ada gizinya, paling cuma nambah deposit kalkulus di sela-sela gigi.

Udah lah lanjut aja. Dengan pundung, akhirnya kami berangkat meninggalkan Bandung. Tapi masih ada sandungan lain yang menghadang. Di lampu merah pasteur mobil kena semprit polisi yang kayaknya dari tadi pagi belom dapet uang rokok. "Ini bukan tindak pidana, tapi cuma kelalaian biasa ... Sidang tanggal 16 ... blah ... blah ... blah " read "Udahlah, berhubung mulut gw udah asem dari pagi gak kena tembakau, kita damai aja". We settled at Rp 30000. Finally we left Bandung, cursing all the way to Puncak.
 
Dan, seperti layaknya malam-malam minggu yang lain di Puncak, kawasan ini sudah tentu padat mulai dari Puncak Pass sampai Tajur. Rencana buat mampir dan istirahat di At Ta'awun terpaksa dibatalkan berhubung tempat parkir di situ udah keburu penuh mirip pasar malam.

Jadilah kami terus melaju ke Jakarta with only two stops. Yang pertama berhenti sekitar setengah jam di daerah Cisarua, nunggu pengaturan lalu lintas satu arah menuju Jakarta dibuka. Di situ lumayan ngopi-ngopi dikit plus makan popmie buat ngeganjel perut yang sepanjang perjalanan cuma diumpanin Silver Queen sama biskuit doang. Don't ask whether I enjoyed that cup noodle or not. Berhenti sekali lagi di tempat peristirahatan jalan tol selepas Bogor. Lumayan buat tidur sekitar dua jam-an.
 
 
 
 

Comments

Ginanjar Utama said…
minggu depan main ke Serpong ya Mar, liat keponakan baru loe :) mudah-mudahan hari ini bisa lancar lahirannya Aamin.
metty said…
I feel sorry for your ... butt :D
BTW gue udh add blog elo di link blog gue.
Boleh kan? (telat gak sih, udh di-add baru minta ijin? hehehe)

Popular Posts