Olah video di Linux Ubuntu 8.04

Setelah ngerasain PC Wearnes baru di kantor, plus ngerasain enaknya pakai Ubuntu 8.04 The Hardy Heron, sekarang ketemu sama yang namanya aplikasi AcidRip dan Avidemux.

Awalnya rekan di kantor beli DVD konser Sting, lagu-lagunya gw pingin gw pindahin ke PC gw. Caranya gimana yah? Dulu seinget gw di kantor lama, gw dikasih tau caranya sumpe nerdy banget mesti pake command line. Udah pake Ubuntu yang GUInya keren begini masa belum ada ripper dan editor video yang tinggal point-and-click.


Cari punya cari, ketemulah gw sama Acidrip dan Avidemux. Acidrip adalah ripper - mengubah data video dari DVD atau VCD ke format video file .avi (bisa juga ke beberapa format lain). Sementara Avidemux adalah aplikasi untuk mengedit file video dengan fitur-fitur dasar seperti konversi antar format file video, clipping, dan mengekstrak file foto dari satu frame di video dengan beberapa filter yang lumayan.


Jadinya DVD konser Sting itu bisa diekstrak dapatlah beberapa video klip lagu seperti 'Desert Rose' dan 'Englishman in New York'. Yang gw pasang di album video belakangan ini adalah hasil rip dari albumnya opa Anthony Benedetto a.k.a Tony Bennet.


Comments

Popular Posts