My Favorite Ramadhan Show

5. Bedah Rumah (Sabtu pagi, RCTI)

Ini sih memang bukan acara khas Ramadhan, tapi gw mulai nontonnya barengan sama awal Ramadhan kali ini. Acara ini adalah alternatif terbaik di sabtu pagi daripada gw harus ngiler nonton acara masak-memasak yang btw tambah gencar nongol di layat tv. (Mestinya ada petisi ke Menkominfo buat melarang tayangan masak-memasak dan iklan-iklan sirup, es krim, serta sari buah sebelum jam 5 sore.)

Walaupun idenya gak orisinal banget (kayaknya pernah juga nonton acara yang seperti ini di TV7, buatan luar), tapi ada nilai-nilai baru yang dimasukkan oleh Helmy Yahya yaitu menolong orang yang kesusahan dan berbagi kebahagiaan, persis seperti acara uang kaget.

Belakangan gw juga baru tau ada acara yang mirip abis di TransTV. Gak tau deh mana yang duluan, siapa niru siapa. Tapi kalo niatnya untuk berlomba-lomba menolong orang kayaknya gak masalah - walaupun pasti ada juga keinginan untuk berlomba-lomba nangguk uang iklan. Asal jangan jadi basi aja, tiba-tiba semua saluran bikin acara yang sama, terus dibikin dua kali sehari, tujuh hari seminggu, buat nyaingin acara dangdut dan gosip.

4. Yuk Sahur Yuk

Duo jagoan pengocok perut: Komeng & Tessy. Komeng gak ada matinya ... kecuali kalo udah berhadapan dengan Tessy. Segala bentuk celaan bisa Komeng kembalikan dalam bentuk seratus kali lebih kejam, kecuali kalo datangnya dari Tessy.

Best line:
Komeng: Ini penelpon dari Medan. Jawab sono ...
Tessy : Kumaha damang?


Heran juga mereka bisa ngelucu saat orang-orang lain sedang ngantuk berat. Darimana mereka dapat energi kayak gitu yah? Jangan-jangan jam segitu kadar toleransi humor orang cukup rendah, jadi sedikit dorong-dorongan atau cela-celaan cukup membuat orang terpingkal-pingkal. Lumayan untuk membuat bola mata terlumasi oleh air mata sehingga menjadi segar buat menikmati hidangan sahur.

Komedi model slapstick begini biasanya garing banget di luar jam sahur di luar bulan Ramadhan. Tapi perkecualian untuk tahun ini, gw bisa ngakak abis-abisan nonton duo bocor ini terutama pas sesi kuis Simpati Hoki. Ayé! Ayé! Ayé!

3. Lentera Hati

Kajian tafsir Dr. Quraish Shihab memang paling top. Kalo udah bosan sama acara Manajemen Qolbu Aa Gym, lebih bagus pilih acara ini. Kajian cukup mendalam tanpa meninggalkan kesan populer, bisa diterima oleh berbagai lapisan. Pendekatan kebahasaan yang biasa digunakan oleh beliau menambah pemahaman gw mengenai makna ayat-ayat Al Quran.

What I remember from tafsir Al Mishbah
AL QURAN ITU BAGAIKAN PERMATA yang akan memantulkan sinar yang berbeda-beda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Ayat yang sama dapat membawa pengalaman psikologis yang berbeda-beda saat dibaca pada kesempatan yang berbeda.

AYAT-AYAT AL QURAN TERANGKAIKAN DENGAN SERASI dan masing-masing ayat terdiri dari rangkaian pilihan kata yang secara kesatuan memberi pesan yang berbeda-beda. Persis seperti rangkaian bunga. Rangkaian bunga-bunga tertentu akan memberi pesan yang berbeda dari rangkaian bunga-bunga yang berbeda. Jadi bukan hanya masalah pilihan katanya, tapi juga bagaimana cara merangkainya turut menentukan kesan yang ingin disampaikan.


2. Bajaj Bajuri spesial Ramadhan

Tayangan dua kali setiap hari, magrib dan sesudah tarawih, kayaknya belom menumbuhkan rasa bosan di benak gw. Emang yang manipulatif, Bajuri yang takut mertua, Oneng yang o'on, dan Ucup yang tak putus dirundung sial bahkan sudah menjadi favorit semua orang di luar bulan Ramadhan.

Gw udah bisa membandingkan sitkom ini dengan Friends. Walaupun masih jauh banget, tapi dari segi cerita, Bajaj Bajuri sudah bisa memadukan dua atau tiga jalinan cerita yang berbeda tapi saling berkaitan. Karakter-karakternya juga konsisten, dan itu setidaknya bisa dilihat dari kostumnya. Oneng dengan kaos dan roknya, mpok Hindun dengan kebaya sekseeeh dan kain batiknya, Emak dengan dasternya, Bajuri dengan kemeja Hawaii untuk dinas dan kaos u-can-see plus sarung buat ngadem di rumah, Ucup dengan soccer jersey, dan Said dengan jins robek di dengkul. Script juga diwarnai dengan kelucuan yang berawal dari ironi, hiberbola, atau miskomunikasi dan amat sedikit yang bersifat slapstick atau celaan-celaan yang berbau kebon binatang.

1. Adzan Magrib

"Kebahagiaan orang yang shaum itu ada 2: Pertama saat dia berbuka, kedua saat dia berjumpa dengan Tuhannya"

Walaupun acara ini pasti ada di setiap channel, yang menjadi pilihan, terutama di rumah, adalah yang ditayangkan oleh SCTV. Detik-detik pun amat berharga di sini, dan sepertinya SCTV tahu benar apa yang diinginkan oleh pemirsanya. Jadi kayaknya demi rating, mereka berusaha menjadi yang terkini untuk menayangkan azan magrib.

Comments

Ginanjar Utama said…
wah, kamu masih maniak TV ternyata, aku belum bisa nyampe di rumah sebelum maghrib tuh mar :(

memangnya ama Frans boleh, pulang lebih cepat .....
bagus-bagus, baik juga tuh anak :)

tapi komputerku di kantor ramadhon ini full comic,
asterix, tintin, kenshin lengkap .... jadi deh
apal sejarah tintin dan perjalanannya obelix.

aku baru tahu SCTV tercepat azannya tapi si Azmi suka azan yang anak kecil itu kalau nonton di rumah neneknya.
Chezumar said…
Gw nyampe rumah sebelom magrib? In a perfect world!
Nyampe rumah sih seringnya tetap aja malem di atas jam delapan. Jadi acara TV yang bisa ditonton ya antara jam delapan-an sampe acara sahur. Terkecuali hari sabtu dan minggu tentunya.
Itu komik dapet di mana? Mau dong!
Ikez said…
Komeng emang top. GImana kabar?
adhitya said…
si tessy, itu kocak banget gue sampe ngakak.
metty said…
adzan maghrib emang gak ada matinya...
metty said…
happy eid-el-fitr!
mohon maaf lahir dan batin.
taqobalallohu minna wa minkum.

Popular Posts