Pameran batik "5 Windu Karya Asmoro Damais"

Pameran batik "5 Windu Karya Asmoro Damais" di Museum Tekstil Jakarta yang telah dibuka Ny Herawati Diah selaku tokoh wanita inspirator, Selasa (15/5), akan berlangsung sampai 10 Juni 2012.

Kepala Museum Tekstil Jakarta, Indra Riawan, kemarin mengatakan, 150 batik tulis karya Ny Asmoro Damais dipamerkan di situ dengan mendapat perhatian pecinta wastra.
Sebagai rangkaiannya, pada 20 Mei mendatang di tempat itu diselenggarakan lokakarya membatik bagi para pelajar dan masyarakat umum. Selanjutnya diadakan temu wicara dengan topik "Batik Pekalongan yang Indah" pada 26 Mei dengan narasumber Ny Judi Achjadi dan Ny Asmoro Damais.

Asmoro Damais, lahir di Amsterdam 20 Mei 1948, putri ketiga Prof Louis Charles Damais asal Prancis dan Raden Ayu Soejatoen Poespokoesoemo, sejak kecil hidup di lingkungan keluarga pecinta seni budaya. Karena itu, dalam pembukaan tersebut ia menegaskan, karya-karya batiknya mulai tahun 1970-an berkembang berkat dukungan lingkungan keluarga dan Ibu Herawati Diah dengan hotelnya, The Ambassador. Aji Damais, yang pernah menjadi Direktur Museum Sejarah Jakarta, selaku kakak kandung Asmoro, ikut memberikan arahan.

Sementara itu, Herawati Diah sendiri yang saat itu berkursi roda dengan semangat menguraikan, Asmoro Damais memiliki titisan darah orangtuanya berjiwa seni yang cukup tinggi. Karena itu, banyak kalangan pecinta batik mengenal karya-karya Asmoro Damais.

Miss Daiga, tamu dari Riga, ibu kota Latvia, sempat mengagumi batik hiasan dinding karya Asmoro. Ia pun sempat belajar membatik di Taman Pewarna Alami belakang Museum Tekstil. Ditemani staf Konsulat Kehormatan Latvia, Deni Rahman, Miss Daiga mengatakan, dia sudah dua kali belajar membatik. Pertama di Solo, tiga hari sebelumnya.

"Saya di sini ada program bersama dengan Museum Nasional," ujarnya.

Pendiri IWAPI, Dra Dewi Motik Pramono, dan kolektor batik Ny Isye Irsan memperhatikan bed cover batik dan hiasan dinding dengan teknik quilt yang tampak anggun dengan gelembung-gelembung pada tiap hiasan flora dan faunanya, yaitu gambar kupu-kupu, burung bangau, daun dan bunga tanaman air. (Dwi Putro AA)

Museum Tekstil Indonesia
Jln. Aipda K.S Tubun No. 2-4 Jakarta Pusat
Telp.: (021) 560 6613
Faks.: (021) 565 4401


--Artikel dari http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=303529
--Foto koleksi saya sendiri
























































Comments

Popular Posts