Satu Setengah Jam dari Jakarta

I Gunung Mas

Enak juga ikutan acara Family Day dan Hari Jadi BMI Bogor. Ini pertama kali gw nyampe di tempat yang namanya Gunung Mas Resort ini.

Sabtu pagi berangkat ke Bogor untuk ngumpul dulu, abis itu baru bareng-bareng ke Gunung Mas. Pas nyampe mampir dulu di kantor administrasi. Ngeliat-liat brosur fasilitas resor ... Satu setengah juta buat Solo Kibor dalam Ruangan? Bagian pemain kibornya bisa gede juga dong! Kalo gw yang dapet gawean kayak gini kayaknya bisa tuh idup sebulan dari manggung seminggu sekali aja. Seneng-seneng, dapet pemandangan bagus, dapet udara sehat, trus dapet duit. Tapi gw belum seberuntung itu. Mungkin nanti.

Yang jelas gw komentar sama sepupu gw yang jadi ketua panitia, "Pantesan elu jadinya ngajak gw ya. Wah coba gw pake tarif di sini, bukan tarif sodara." Dia cuma nyengir-nyengir aja, "Yah, nyesel gw nunjukin itu brosur ke elu. Padahal tadi cuma mau nunjukin tarif nginep sama sewa aula di sini doang."

Sebenernya gw gak mau ngemasalahin gw dapet berapa. Cuma mo seneng-seneng aja kok. Gratisan nyampe ke Gunung Mas sini, makan-makan, dan bisa ganti suasana itu udah bagus. Honor itu cuma bonus, walaupun siapa yang sih nolak dapet bonus yang lebih gede?

Rencananya ada acara karaoke-an juga tapi pas disetel-setel ternyata rada ngaco karaoke-annya. Suara penyanyinya nggak bisa diilangin. Masa acaranya jadi nonton VCD karaoke? Tuh 'kan untung ada gw. Kalo gak acaranya bakalan basi banget.

Sementara sedang acara sambutan-sambitan, gw nyempetin aja nemenin anak karyawan yang lagi maen layangan. Sayang aja layangan singit. Bolak-balik tali kama diatur, tetep aja layangannya gak bisa terbang lurus juga. Kayaknya stres juga dia, padahal layangannya jauh-jauh dibawa dari Jakarta.

Setelah itu baru acara lomba dan hiburan. Banyak juga yang ngedaftar mau nyanyi, baik dengan sukarela demi mengejar hadiah maupun yang dipaksa-paksa ikut dan nggak bisa nolak berhubung semua orang sering nangkep basah dia nyanyi sendirian. Berhubung tidak ada juri khusus, terpaksa gw merangkap juga sebagai penilai. Susah untuk tidak bersikap nepostisme, apalagi sepupu gw, yang jadi ketua panitia, ikutan lomba ini. Pusing buat menentukan pemenangnya, gara-gara emang dia yang nyanyi paling bagus (setidaknya menurut kuping gw, bukan Trie Utami, atau Simon). Bakalan dibilang kongkalikong, apalagi karena penilai kedua adalah istri dia!

Tapi yang jelas semuanya pulang bawa hadiah.

Acara penutup apalagi kalo bukan: dangdutan! Terpaksa dikendorin dulu urat malu gw supaya tabah ngebawain medley lagu dangdut ampir sejam-an (sampe sekarang jempol gw masih goyang nih, merasuk ke jiwa). Untung kagak pake ngebor, kayang atau patah-patah.

Bubaran jam setengah empat. Sempet pingin mampir-mampir dulu di deket Tea House berhubung pemandangannya bagus. Tapi niat untuk keliling perkebunan teh di atas kuda terpaksa ditunda dulu berhubung acara kedua menanti.

Untuk kru Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor:
Selamat Milad Kedua
Kemesraan ini, janganlah cepat berlalu ... Kemesraan ini, ingin kukenang selalu

II Lanjut, Mang!

Acara berikutnya di Mega Mendung, villa Cemprenk, kurang dari 1 km setelah Pusdik Serse POLRI. Bakar ikan, bakar sate, berenang, berendam, ngobrol sampe subuh, maen gapleh, ngopi-ngopi, ngeteh-ngeteh, ngelamun, jalan-jalan, ngintip-ngintip villa sebelah lewat teropong, foto-foto, ... dan nyanyi. Acara yang terakhir ini bagi gw berarti melupa-lupakan rasa pegal di lengan setelah bermain sesiangan demi sodara-sodara yang 'peminat sejati' acara karaoke.

III Kapan selesainya wabah ini?

Apa dampak buruk bagi anak kecil yang disuruh nyanyi "Cucak Rowo" sampe sepuluh kali ulangan, dengan mic, di-shoot handycam, dan ditonton oleh sodara-sodaranya? Latihan buat menambah kepedean mungkin bagus, tapi mbok ya mbok ya. Lagunya itu cari yang bagusan dikit dong. Nggak pada merhatiin liriknya yang saru itu yah? Lucu? Iya juga apalagi bagi pikiran-pikiran yang memang sudah rada saru ini. Tapi kasian anak tak berdosa yang mungkin gak tahu kenapa orang-orang pada nyengir pas dia nyanyiin bagian "Ser, Ser"-nya itu.

Bagi gw yang kebagian nemenin dia nyanyi di kibor, yang jelas, gw bakalan meledak kalo ngedenger lagi itu lagu.

IV Semua sodara gw pada dasarnya bisa nyanyi

Ada yang mau nyanyi cuma kalo gak ada orang yang denger.
Ada yang kalo nyanyi bareng-bareng bisa bagus, tapi pas disodorin mic disuruh nyanyi sendiri jadi stres dan malah mau nangis.
Ada yang kepedean maen masuk aja ke lagu, tapi pas bagian reff terpaksa bolak balik pake falsetto, turun oktaf, dan naik oktaf lagi.
Ada yang keasyikan megang mic dan jadi posesif, gak mau ngasih giliran ke orang lain.
Ada yang marah-marah gak dapet giliran, pas dikasih kesempatan bingung setengah mati nyari lagu ngebolak-balik lima buku nggak ketemu-ketemu.
Ada yang hapal banget liriknya tapi lupa melodinya dan bukannya nyanyi, malah nge-rap

Tapi gak usah takutlah, sama sodara sendiri. Gw orangnya penyabar kok, gak bakal ngegigit penyanyinya yang gak tahu di ketukan mana harus mulai nyanyi.

Untuk Keluarga Besar Bgd. Badaruddin & Hj. Siti Rukayah:
Sampai Jumpa Lagi di acara Annual Trip tahun depan

Oh iya satu lagi.

Hidup Veri, Hidup Langkat!

Comments

Popular Posts