Tes Nyali di Jalan dan di Kelas

Tiga hari ini gw ngetes nyali gw untuk jadi tutor di Training Programming in Java buat karyawan IT MRA holding. Yikes. Belum terlalu lama gw kenal sama ini barang, sekarang udah disuruh ngajar. Cuek ajalah, kenapa nggak dicoba aja, apalagi kelasnya gak terlalu besar.

Sebelum sampe ke Gedung Cyber, Mampang, gw harus dites dulu untuk menghadapi macetnya jalan Warung Buncit. Bahkan perkiraan gw bahwa gw bisa sampe hanya dalam sejam ternyata meleset dua puluh menit. Di tengah panasnya matahari pagi yang menambah siksaan di tengah parahnya kemacetan, betapa gw berharap bisa ngambil beberapa botol FresTea dan Coca-cola dari truk pengangkut minuman tepat dibalik jendela bus.

Baru berasa banget sekaran bahwa banyak banget yang ketinggalan gw pelajari dari Eclipse dan Java. Masalahnya sih emang gw aja yang rada-rada dodol pingin ngasih contoh di luar materi ajar padahal belum dicoba dulu. Sampe molor dua jam gw ngotak-ngatik itu kode di depan kelas sampe akhirnya (telat banget!) memutuskan untuk pindah ke topik lain YANG LEBIH PENTING. Untung peserta latihan kooperatif juga jadinya gw nggak kelewat keder menghadapi transient error yang bahkan celebrity Java sekelas Frans Thamura aja nggak ngerti penyebabnya apaan. Udah gitu, gw masih bisa kompensasi kedodolan gw itu dengan kemampuan gw di hal lain seperti betapa ajaibnya ekstraksi WAR saat Tomcat berjalan (Padahal itu masih ABC-nya banget!).

Enak juga jadi trainer kayaknya, jadi inget pas jadi asisten di pelatihan Internet di UPI dulu juga pas di Deptan. Seneng juga ngeliat peserta pelatihan semangat ngutak-ngatik sendiri.

Comments

Emang masa-masa kita menyaksikan transisi ide dan energi ke orang lain itu menggairahkan kok, Mar. Tahu-tahunya pas beres lemes, aja...
Ginanjar Utama said…
keren Mar, ingat yang penting itu PD, kayak waktu aku ke kalimantan, setelah dipikir-pikir ternyata aku gila juga ya ngajarin orang telkom, padahal aku baru belajar cuma beberapa hari. Minta tips blogging dong, dama cara bikin profil, mau rajin nulis lagi nih ceritanya, bosen coding mulu :).

Popular Posts