Animal Instinct

Tontonan favorit bulan ini: acara Animal Instinct atau acara apapun yang menampilkan kegilaan-kegilaan yang melibatkan adu nyali manusia dan binatang buas seperti buaya, ular, komodo, dan lain-lain. Nontonnya mesti sambil komentar "Gila banget si Steve. Berani banget. Orang sih kabur kalo ngeliat kayak gituan, dia malah nyariin ke sarangnya." Gw kagum banget sama orang itu. Bisa banget jalan kemana-mana nyeker kayak hobbit. Nangkap ular kobra pake tangan kosong. Nyuapin buaya. Netasin telur buaya. Gulat ngelawan buaya. Kira-kira apa ya yang bisa bikin dia takut?

Kemarin malah nonton acara orang Amrik ngubek-ngubek pulau di Karibia buat nyari koleksi ular boa. Dia nyari ular bukan cuma di hutan doang, tapi sampe ke rawa-rawa juga tempat pembuangan sampah. Baru bener nih sarjana biologi, kerjanya emang di alam liar bukan di balik meja kantor.

Nyokap, sangking gelinya sama ular, bilang "Mama sih, biar ditawarin satu miliar, gak mau disuruh megang ular kayak gitu." Beneran nih ma, satu miliar gak mau? Kalo ularnya kecil terus gak berbisa juga gak mau? Satu miliar hari gini? Nyokap gw emang masih trauma banget sama reptil satu ini. Mungkin gara-gara tetangganya dulu semasa kecil ada yang pelihara ular sawah yang gede banget di rumahnya.

Tapi ungkapan takut atau nekat mungkin cuma terlontar dari mulut gw yang awam tentang dunia satwa liar, khususnya reptilia. Bagi Steve yang udah ngerti seluk beluk reptil dan alam liar, apa yang bikin mereka marah, bagaimana cara menjinakkan kebuasan mereka, dan bagaimana cara menangkap mereka dengan tepat, tindakan-tindakan yang di mata gw gak waras itu sepertinya merupakan tindakan-tindakan yang aman dan penuh perhitungan. Jadi bukan tindakan gila atau nekat.

Kalo dipikir-pikir lagi, di Indonesia banyak juga orang yang lebih gila dari Steve. Bukan, bukan ngelawan binatang buas. Lebih parah lagi malahan. Ngejar setan. Sama juga kan gilanya. Orang waras sih nolak-nolak disuruh masuk ke tempat angker, ini malah sengaja datang mengacak-acak tempat makhluk lain itu dan mengadakan ritual untuk mengundang mereka. Konsepnya "Kejarlah setan meskipun sampe ke Angker Batu" kali. Yang jelas, masing-masing acara punya penggemar masing-masing. Gw sendiri mendingan ngeliat Steve ngubek-ngubek kandang ular di tengah gurun pake tangan kosong daripada ngeliat acara dukun ngundang jin di rumah selebritis.

Comments

Popular Posts