http://indonesiabercerita.org/

Pemenang utama bubuawards 2011 http://indonesiabercerita.org/ memperkenalkan dirinya sebagai misi "Mendidik melalui Cerita. Membebaskan imajinasi anak. Membangun karakter bangsa."

Cerita sebagai media pendidikan dipilih karena diyakini punya kekuatan yang luar biasa seperti:
  1. Interaktif: Mendidik anak aktif
  2. Atraktif: Memudahkan anak fokus
  3. Optimisme: Membangun semangat
  4. Imajinatif: Memicu anak berimajinasi
  5. Kreatif: Melahirkan solusi kreatif
Tradisi lisan sebenarnya memiliki riawayat yang panjang di dalam kebudayaan beraneka bangsa. Sebelum suatu bangsa menemukan kemampuan baca-tulis, berbagai kabar, cerita, hukum, sejarah diteruskan melalui komunikasi suara secara langsung. Dalam Seminar dan Festival Tradisi Lisan Maritim “Lisan VI” di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, awal Desember lalu, diyakini bahwa tradisi lisan dapat menjadi kekuatan kultural dan salah satu sumber utama yang penting dalam pembentukan identitas dan membangun peradaban (sumber).


Kini di era internet dan multimedia, tradisi lisan dibangkitkan lagi sebab ada satu kekuatan yang dimilikinya yakni sifatnya yang memacu imajinasi. Gambaran tokoh serta ilustrasi lokasi cerita belum tentu sama antara pencerita dan pendengar, maupun antara pendengar satu dengan pendengar lainnya.

Lewat indonesiabercerita.com, semua pengunjung dapet berpartisipasi setidaknya dalam dua cara: mengunduh file audio berformat mp3 yang berisi cerita dan menyebarluaskannya untuk berbagai keperluan yang bermanfaat serta menulis bahan cerita yang bisa dituangkan ke dalam bentuk file audio.

Comments

Popular Posts