Dua Jam di Depan TV Mencat-Mencet Remote

Cuma sebuah perenungan dari seseorang yang pernah hidup di jaman TV dengan satu saluran saja.


Waktu nonton TV gw kini sedikit berhubung minimal 12 jam di pake di kantor dan jalan. Tapi gw masih sempet juga lah nonton kotak ajaib ini sekali-sekali. Yang bikin gw mikir adalah ternyata nggak ada hubungan sama sekali antara jumlah saluran TV dengan variasi tema acara TV karena semua saluran sepertinya mesti ikut mainstream acara dengan rating tinggi: Gosip, Kriminal, Misteri, dan Dangdut.

Gosip

Yuk Yak Yuk ...
- Zus Gos "Klise"


Tergantung siapa yang digosipin dan apa gosipnya. Isu yg lagi hangat paling banter siapa digandeng siapa, siapa kawin dengan siapa, siapa mo cerai dari siapa, dan siapa kawin diem-diem dengan siapa. Nggak kebayang jadi selebriti kalo ditanyain terus model-model "katanya sekarang lagi deket sama si anu bla bla blah ..." ato "bener gak kalo kamu udah kawin di bawah tangan sama si ini itu blah blah ...". Ditanyanya sambil lari-lari gitu alias kejar-kejaran "Catch me if you can". Mendingan artisnya nantangin wartawannya, "Sini siapa yang mo nraktir saya di StarBucks buat acara wawancara eksklusif" atau "Siapa nih yang berani ngelunasin kredit hp 765o gw bakalan gw kasi sesi interviu khusus."

Masing-masing acara TV juga berusaha meyakinkan pemirsa kalo acara mereka itu bukan gosip, tapi "Acara yang mengupas tuntas fakta tentang selebritis". Kedengerannya sih gosip juga lah. Kayaknya biar dipropagandain setengah mati kayak gitu, orang Indonesia yang udah pinter-pinter pasti tahu kalo itu acara nggak jauh-jauh dari nyeritain hal-hal yang kurang penting dari orang yang dianggap penting. Ato paling enggak acara jodoh-jodohan di mana sepasang artis yang baru saja menjadi lawan main di film yang baru naik tayang didorong-dorong supaya jadian. How immature!

Sebagai orang yang kadang-kadang terpaksa juga nonton acara gosip, gw merasa profesi yg bakalan laku adalah pengacara perceraian sama psikiater. Ya itu tadi buat artis-artis yang buang ingus aja digosipin "Eh si Anu itu 'kan begini lho, iya dia ngebuang ingus sembarangan blah blah blah." Hal nggak penting yang dilakukan oleh orang penting.

Pertanyaan-pertanyaan lain yang ngebikin selebritis putar otak buat ngejawab:
- Kalo kamu lebih suka nyanyi ato maen sinetron?, atau Kamu lebih suka maen basket ato maen film?
- Jadi, kapan rencana nikahnya?
- Tolong dong kasih tahu pemirsa isi WC kamu tuh apa aja? (dari sebuah acara real-life TV buat selebritis)
- Umar, kamu aslinya orang mana sih?

Kriminal

Waspadalah ....
- Bang Napi


apakah tayangan yang intens tentang kriminalitas makin memicu timbulnya kriminalitas lain.
Emang paling males kalo sarapan mesti ditemenin berita kriminal pagi yang isinya tentang berbagai macam cara kematian yang paling nggak dipinginin sama manusia waras. Nggak usah disebutin satu-satu ya. Gw nggak mo kalo tulisan gw ini bikin klian-klian yang ngebaca jadi parno.

Makin parno aja jadi manusia hari gini. Kriminalitas kayaknya cuma beda setipis rambut sama keberadaan kita. Rada mikir apakah tayangan yang intens tentang kriminalitas makin memicu timbulnya kriminalitas lain. Yah bisa jadi 'kan kalo kriminil-kriminil kelas teri juga pingin jadi selebritis karena terkenal sekaligus di sepuluh saluran TV gara-gara maling TV buat beli celana. Hebat bener. Gw juga blom pernah masuk TV tapi kayaknya nggak segitu desperatenya sampe-sampe mo bersusah payah nyimpen ganja. Gw rindu jaman dulu, waktu cerita-cerita kriminal cuma bisa didapet di Pos Kota sementara di TV kita masih bisa nonton acara berita sore yang isinya tentang pelantikan pejabat anu itu di situ, acara peresmian pameran blah blah, penataran P4 bagi kader ini itu, dan safari/kampanye nya mentri blah blah. Berita model gitu 'kan lebih penting, paling nggak kadarnya secara sosio-kriminologi netral dari motif kejahatan. Kemana ya sekarang pak mentri itu?

Nilai yang bisa dianggap baik dari acara model begini gw pikir adalah jadi corong buat kinerja polisi yang mudah-mudahan memang lebih baik seperti apa yang kliatan.

Misteri

Apakah anda yakin kalo nyali anda kuat?
- Harry Pantja


Kriminalitas rupanya nggak cukup ngebuat masyarakat jadi parno. Acara misteri sekarang juga udah jadi tayangan wajib-kudu-harus di setiap saluran. Jadwal tayanganya juga nggak mesti traditional prime-time malem jumat. jadinya sekarang bukan malem jumat kliwon yang keramat, tapi juga senin pahing, selasa wage, rabu pon, kamis legi, dan semua hari dalam sebulan penanggalan adalah prime-time buat tayangan ini. Mungkin ini adalah salah satu cara demitofikasi malem jumat. Jadi inget acara "Celoteh Anak" yag dibawain sama mBa Hughes dan di episode itu pesertanya adalah anak-anak blasteran dan anak expat:

mBa Hughes: Sekarang, kira-kira Keola kalo disuruh milih mo tinggal di Indonesia apa di Amerika lebih suka di mana?
panelis: Wah pasti di Indonesia. (jawaban yang idealis yang menurut dia keluar dari mulut anak 8 tahun yang udah lama tinggal di Jakarta)
mBa Hughes: Kita tanya ke Keola. Keola, kamu lebih suka di Indonesia apa di Amerika?
Keola: (tanpa pikir panjang) Amerika!
panelis: (melongo, yah ilang deh poin gw!)
mBa Hughes: Memangnya kenapa Keola? (oh mungkin karena Jakarta panas dan banyak debu, kali ya?)
Keola: (lagi-lagi tanpa pikir panjang) Di sini banyak setannya.

Kebayang 'kan. Impresi anak segede gitu aja dari Indonesia: Indonesia banyak setannya. Pasti gara-gara ngeliat acara misteri yang klewat banyak di TV.

Berhubung udah jamak, para pengelola TV jadi mesti kreatif mencari ide-ide segar buat nakut-nakutin orang. Mulai dari rekonstruksi kejadian, acara menantang makhluk gaib, sampe real-life program temen bersekongkol ngerjain temen. Kreatif, ya. Bermanfaat, nggak. Tapi lagi-lagi kadang-kadang gw mesti juga nonton acara beginian. Maklum aja untuk nyari bahan obrolan kalo ktemu sama kenalan baru supaya nggak dianggap kuper. "Suka nonton acara Hih Syerem 'gak?" "Ya, ada 'lah sekali-sekali. Yang kemaren ya. Ih serem banget yah blah blah blah ... " Jadi keliatannya gw nggak internetmaniak banget.

Dangdut

Yuk Maaang ...
- dipopulerkan oleh Melly "Angin Malam"


Susah nih komentarnya. Kalo menghujat entar gw dibilang anti-dangdut. Dan anti-dangdut di Indonesia hari gini sama artinya dengan anti-semit di Amerika. Pasti gw bakal dicap macem-macem.

Okelah nggak usah menghujat. Tetapi kemana larinya lagu-lagu non-dangdut? Apa lagu dangdut sekarang udah jadi musik pop karena musik pop aja udah kalah diperhatiin dibandingin musik dangdut secara demografis. Itung aja berapa biji mata yang nonton konser dangdut dibandingin yang nonton konser musik lain. Kalo dulu boleh deh Rhoma Irama dianggap jadi idealis karena di tengah tekanan dari sana-sini, dia konsisten berkarya di jalur musik irama melayu. Tapi kayaknya sekarang penyanyi-penyanyi kayaknya berebutan di jalur ini berhubung daya tarik pasarnya lebih kuat. Jadi mungkin sekarang musisi idealis adalah penyanyi rock yang tetep di situ nggak ikut-ikutan pindah ke dangdut.

positioning juga perlu, tidak hanya di dangdut, tapi juga di dunia weblogging.

Kalo penyanyi pop jadi penyanyi dangdut, trus penyanyi rock juga, penyanyi jazz juga, penyanyi seriosa juga, penyanyi dangdut jadi apa dong? Ya jadi banyak. Dan hebatnya, mungkin karena mereka banyak baca teori branding dan marketing-nya Hermawan Kertajaya, mereka berlomba-lomba menjadi yang pertama di kategori masing-masing. Kalo suatu kategori udah punya pemain pertama dan utamanya, memang perlu ngebuat kategori baru. Jadi kalo kategori "penyanyi dengan goyangan ngebor 2000 rpm" udah ada yang megang, kreatiflah mereka dengan membuat kategori baru "penyanyi dengan goyang angkat satu kaki trus muter-muter" ato "penyanyi dengan pinggang tahan patah kayang naik turun" ato "penyanyi dengan ekspresi muka merem melek goyang breakdance" dsb. Positioningnya mesti orisinal kalo mo terkenal. Dan gw yakin kalo positioning juga perlu, tidak hanya di dangdut, tapi juga di dunia weblogging. Kalo nggak bisa jadi weblog pertama di Indonesia berhubung udah dipegang oleh Bapak Enda, kayaknya gw mesti nyari kategori baru yang di situ emang gw yang pertama. *Apa ya?*

Akhirnya gw jadi mikir lagi: kenapa pas saluran TV cuma sebiji kayaknya hidup lebih damai karena tinggal menikmati saja suguhan yang disediakan tanpa harus bingung-bingung lagi mencet-mencet remote buat ngeganti-ganti saluran?

Could it be that life was so simple then
Or has time rewritten every line
If you get the chance to do it all again
Tell me, would we? Could we?

- Barbara Streisand "The Way We Were"

Comments

Popular Posts