Tales of the Two Kitties

Two Cats
Konspirasi


Cerita terakhir tentang si Anyet, kemaren malem dia dengan santainya melenggang di depan orang rumah yang lagi pada
ngobrol. Tebak dia bawa apa? Bukan martabak. Duku juga bukan. Laptop apalagi. Dia bawa tikus kecil dari luar ke dalam
rumah dengan bangganya. Emang dia mo nunjukkin tangkepannnya terus bikin kita seneng? Ya nggak lah, malah jadi stres
dong ngeliatin Anyet ngebawa itu tikus ke dalam rumah buat dimainin, di lempar-lempar, sebelum akhirnya dirobek-robek dengan taringnya dan di s a n t a p ... (sori ya kalo ada yang lagi makan.)

Gw malah bikin teori: Kayaknya si Anyet sama si tikus lagi bikin persekongkolan busuk. Begini nih teori konspirasinya.


Tikus: Gw lagi pingin nyatronin tu tumah. Tapi gue susah banget masuk, soalnya ada abang lu. Gimana dong, udah laper nih.
Anyet: Gampang, bisa diatur. Elu bisa bayar berapa? Gw sih punya koneksi sama orang dalem.
Tikus: Kalo dibayar pake cinta aja gimana?
Anyet: Elu mo bisnis apa mo ngajak gw tidur, heh tikus kecil busuk? Gw gigit luh!
Tikus: Sori, mpok. Gimana gw mo bayar, makan aja gw masih susah. Tolongin dong!
Anyet: Ya udah deh. Gw juga lagi butuh tikus model-model elu gini yang mau diajak kerjasama. Jadi elu pura-pura mati, entar elu gw bawa masuk. Lumayan 'kan tuh, jadi gw keliatannya udah pinter jadi dibolehin kawin. Gimana dong, udah ngebet nih!
Tikus: Yeh, kalo gw mati ngapain gw masuk. Si mpok gimana sih?
Anyet: Bukannya mati, tikus-buduk-di-bawah-umur-bau-comberan-panjang-kumis! Pura-pura mati, dogol!
Tikus: Ya udah deh. Gw pasrah. Kita mah gimana pemerintah aje. Kalo disuruh lebaran besok, ya besok aja. Kalo disuruh pura-pura mati, ya udah pura-pura mati.


Akhirnya keduanya masuk. Orang rumah yang mula-mulanya terperanjat, kemudian mulai panik melihat pemandangan itu.


Tikus: Sukses, bleh. Bisa juga gw masuk. Makasih mpok. Gw bayar pake cinta boleh?
Anyet: Bukannya sombong nih, tapi udah banyak oom-oom yang udah mapan ngejar-ngejar gue. Elu, rumah aja blom punya, makan aja masih susah, gimana masih mo ngasih makan anak-anak kita yang bakalan punya badan kucing sama moncong tikus itu, dogool! Gw jewer luh.
Tikus: Jangan salahin gw dong. Mpok sendiri yang ngegigit tengkuk gw kayak gitu. Kan gw jadi napsu.
Anyet: Tikus nggak pernah makan sekolahan! Dari sebelom jaman Adam sama Hawa juga emang begitu cara kucing ngebawa tikus. Masa elu mesti gw gendong. Nggak realistis tuh. Di mana sih jiwa akting elu?
Tikus: Bilang aja, mpok juga pengen.
Anyet: Wah bener-bener nih. The deal is off.


Si Anyet memutuskan perjanjiannya sama si tikus kupret itu secara sepihak. Drama di ruang dapur.


Anyet: Perjanjian kita sampai di sini saja demi hukum. Dasar tikus sontoloyo hidung belang kuping caplang!


Taringnya mulai muncul, kukunya mulai menyembul. Ia pun memasang kuda-kuda posisi Cimande gaya Lucy Liu di Charlie's Angels.


Tikus: Aaaahh. Ampunkan hamba ini, selamatkan hamba dari kucing genit gatel berhidung manis ini. Hamba janji tidak akan makan sampah lagi. Tidak akan ngejar-ngejar kucing lagi. Tidak akan belagu minta perangkap tikus yang pake keju. Pake ikan asin aja boleh deh. Hamba janji mo ngawinin si Mini dan jadi ayah yang baik buat anak-anaknya dikit lagi lahir itu.


Segala isak tangis air mata buaya tikus itu tidak meluluhkan hati Anyet. Diterkamnya si tikus yang sudah terjebak di sudut antara sapu dan tempat sampah. Pergumulan yang menyesakkan hati dan menyakitkan mata itu tak terhindarkan lagi.

Adek gw yang panik ngeliat ajang tarung yang kelasnya nggak seimbang kayak gitu langsung ngambil serokan dan ngebawa
tikus yang napasnya udah satu-satu itu keluar.


Tikus: Slamet, slamet, di manakah engkau slamet! Akhirnya doa gw dikabulin juga.


Sementara itu nyokap gw langsung nyuruh adek gw ngebuang itu tikus ke dalam gorong-gorong. Akhir yang dramatis buat
tikus yang selama hidupnya selalu ditolak sama lab percobaan gara-gara minta gajinya terlalu tinggi itu.


Tikus: Bye, bye, cruel world! Agggghhhhhhh!


Tinggallah si Anyet termenung-menung mencari calon makan malamnya yang tiba-tiba menghilang dari pandangan. Tidak jauh
dari situ adek gw sedang membersihkan sisa-sisa pergumulan berdarah itu dengan karbol dan pel.

Comments

Popular Posts