Possessed


Kamu seperti hantu
harus menghantuiku
kemana pun tubuhku pergi
kau terus membayangi aku

- Dewa "Kosong" Cintailah Cinta


Tadi pagi seblom berangkat sempet nonton "Buka Mata" di TransTV yg host-nya Loemongga.
Loe mo ngga? Ya mau dong, 'kan mbak yang satu ini cantik betul. Tapi sayang udah jadi mantu orang.

Yang dibahas hari ini adalah puluhan siswa di sebuah sekolah dasar di Bali yang beberapa waktu terakhir ini mengalami gejala kesurupan. Iya bener puluhan, bukan satu dua anak aja.

Salah seorang anak, Ayu, mengaku melihat sosok seorang wanita cantik berambut panjang dengan pakaian keemasan yang mendatangi dia sesaat sebelum tiap kali ia kesurupan. Begitu trance-nya mulai, Ayu, seperti juga anak-anak lainnya, kemudian mulai bertingkah seperti layaknya para penari. Mereka tidak sekedar menari namun menari dengan gerakan yang sempurna, mengikuti bunyi gamelan dan gendang. Bahkan tanpa bunyi musik pengiring pun mereka akan terus bergerak tanpa bisa dihentikan meski sudah ditahan oleh dua tiga orang dewasa. Saat jasat kasar mereka kelelahan melakukan gerakan yang demikian sementara roh yang merasuk tetap memaksa untuk bergerak, anak-anak itu dengan histeris berteriak mengekspresikan kesakitannya. Untungnya apapun itu yang menyebabkan kerasukan akan pergi dengan sendiri dengan prinsip datang tak diundang, pergi tak diantar.

Kejadian ini bukan sekali dua kali saja. Oleh karena itulah para pemuka adat menganggapnya sebagai suatu tanda yang memberikan petunjuk penting. Menurut analisis para pemuka, anak-anak yg mengalami kesurupan itu dianggap telah dipilih menjadi para pelakon dalam drama "Calon Arang" yang memang dipenuhi dengan ritual mistis.

May I just say "Wow" ... Gw bingung kok bisa nulis serius kayak di atas.

Btw, gw masih bingung gimana empati gw buat anak-anak itu. Memang kasus ini rada ngebingungin. Kalo di kuda lumping, rohnya 'kan bisa dipanggil buat masuk ke badan si tukang kuda lumping itu. Trus dia bisa makan beling dan kuat kena sabetan yang segede-gede sabetan itu. Kalo acaranya udah selesai dan duit udah kekumpul, tuh rohnya bisa diusir dan si tukang kdua lumpingnya jadi sadar lagi. Jadi kalo bisa dikontrol kayak gitu, rohnya bisa diajak kerjasama buat nyari duit (walaupun gua yakin rohnya nggak minta duit, tapi minta yang lain. Hiighh).

Sedangkan di kasus anak-anak SD itu, rohnya sama sekali nggak disangka-sangka bisa muncul dan ilang sendiri tanpa diundang atau diusir. Susah 'kan. Kalo pas kerasukan anak-anak itu bisa bergerak seperti penari yang udah jago kayak gitu sih, mungkin kita nggak bisa tahu mereka itu kerasukan apa enggak. Mereka bisa nari bagus walaupun memang enggak berhenti-berhenti tergantung moodnya si roh. Kalo mood-nya si roh bisa diatur, wah anak-anak itu 'kali bisa diajak mentas di depan turis.

Gw masih bingung, itu roh baik atau jahat? Gw sendiri gak percaya kalo itu rohnya penari-penari atau mantan manusia yang pikin menjelma lagi ke tubuh manusia. Namun berhubung ada makhluk sebangsanya He-Who-Cannot-Be-Named atau You-Know-Who itu yang bisa meniru apapun dan masuk ke jasad-jasad yang kosong dan mengendalikan mereka sesuai kehendaknya.

Jadi, jaga deh perut supaya jangan kosong. Kalo kosong ntar kemasukan angin. Kalo masuk angin, susah! Mesti dikerok segala macem.
Kalo kita ngelakuin sesuatu dengan penjiwaan total,
itu tuh trance.

Nggak usah bingung-bingung ngebayangin orang trance tuh kayak gimana. Kayaknya masing-masing kita pernah juga dalam kadar tertentu mengalami trance. Kalo kita ngelakuin sesuatu dengan penjiwaan total, itu tuh trance. Tau 'kan Christine Hakim? (Gw seh blom kenalan!) Dia 'kan terkenal banget selalu menjiwai tokoh apapun yg sedang dia peranin di film. Pas bikin "Tjoet Nya' Dhien" dia 'kan abis-abisan banget penjiwaannya sampe lama setelah syuting selesai, jiwa Tjoet Nya' itu nggak ilang-ilang dari dia. Atau liat aja kalo Idris Sardi ngegesek biolanya. Kayaknya kalo penjiwaannya lagi tinggi, trus lagunya yang mellow-mellow gitu, bukan dia aja yang trance. Kita yang ngedenger juga bisa ikutan trance. Ato kalo elu liat Inul ngebor sampe serius banget sampe itu ujung idung nempel di TV, kayaknya elu juga bisa trance dan berasa kalo bornya Inul masuk ke dalam diri elu sampe elu ikut-ikutan goyang. (Makin males gw ngeliat acara dangdut di TV!) Jadi ati-ati kalo nonton TV mesti udah makan dulu, kalo blom ntar kerasukan!

Itu bikin gw jadi mikir. Bukan, bukan cerita Inul itu. Tapi cerita ttg musisi yang kalo maen sampe kayak orang kesurupan. Pernah 'kan denger istilah itu. Kesurupan 'kan cuma mungkin kalo jiwa manusia kosong. Nah, musisi-musisi 'kan suka ada tuh yang mesti ngobat dulu seblom manggung. Katanya biar maennya bisa bagus. Kali pas masih kena obat itu, mereka ngalamin kerasukan atau apapun itu jadi seolah-olah yang maen bukan mereka sendiri. Atau mungkin teori lainnya, obat racun kayak gitu emang efeknya ngebikin orang cuek sama lingkungannya jadi bisa fokus ke dirinya dan permainannya sendiri. Tapi kayaknya biar elu nyedot itu racun lima kilo kalo enggak pernah belajar gitar ya tetteep, gak bisa dong! Jadi masalahnya bukan kar'na dia make obat racun 'kan?

Kalo yang ini emang ada benernya. Bukannya gw nyuruh elu mabok ya. Tapi cuek sama lingkungan memang salah satu yang bisa ngejernihin pikiran dan akhirnya ngebantu kita bisa menampilkan yang terbaik. Gw jadi inget sama diri sendiri. Kalo gw maenin itu kibor sendirian atau buat iseng-iseng aja di depan temen-temen atau keluarga doang, kayaknya gw lebih santai. Jelas dong santai, karena gw nggak takut bakalan bikin salah. Karena santai dan nggak ada perasaan takut bikin salah, gw malah bisa fokus ke maen kibornya aja dan hasilnya bagus. Tapi begitu gw gugup dan takut berbuat salah, ya udah, ancur dah maennya. Kejadian itu biasanya kejadian kalo gw lagi maen di tempat atau lingkungan baru, atau, anehnya, kalo gw lagi mo ngerekam lagu ke disket dalam bentuk midi. Mungkin gw harus cuek untuk kasus ini kar'na cuek model begini efeknya bagus dan nggak dianggap antisosial.

PS: Lirik intronya bagus 'kan? Kayaknya ntar mesti bikin postingan yang emang ada hubungannya sama itu.


Tubuhku ada di sini
tetapi tidak jiwaku
kosong yang hanya kurasakan
kau telah tinggal di hatiku

- Dewa "Kosong" Cintailah Cinta

Comments

Popular Posts