Felix domestica horribilis

Cats: angels or devils?


Every cat has its own friendly and hostile side


Previous posting: Setelah perang batin empat puluh hari empat puluh malam sebelum akhirnya mengakui keberadaan Anyet, Ucel mesti menerima konsekuensi yang besar untuk mengasuh adiknya. Tidak hanya dia harus berbagi jatah makanan, dia juga harus menjadi satpam galak untuk menjauhkan adiknya dari ketidakperawanan dini dengan mengusir oom-oom kucing jelek bau buluk hidung belang.


Jadi satpam yang ngawasin adek genit kaya si Anyet, ternyata tidak hanya melelahkan secara fisik, namun juga secara mental. Di saat stress melanda, dan tidak ada seorang psikiater pun yang bisa menerimanya berkonsultasi, Ucel harus melawan mental breakdown. Tak jarang, saat tak tertahankan lagi, Ucel terpaksa mengekspresikan kelelahan sarafnya itu dengan beraneka macam tindakan ajaib, baik ditilik dari psikologi kehewanan maupun sosio-antropo-zoologi.

Pernah suatu kali Ucel, naik ke dekat TV dengan air muka yang resah gelisah tiada menentu. Setelah celingak-celinguk kiri kanan atas bawah, sadar tidak sadar kalo ada dua manusia yang mengawasinya, dia melakukan ritual "penandaaan teritori". Gw nggak ngeh kalo dia bakalan senekat itu dan baru nyadar ternyata dia bisa melakukan itu tanpa harus ngangkat satu kaki belakangnya. Mitos itu terbantahkan: selama ini gw nyangka kalo kucing mau berkemih dia mesti ngangkat satu kaki kayak anjing. Di kasus Ucel, tidak terbukti. Adek gw cuma komentar, "Tadi sih gw udah curiga. Kalo dia celingak-celinguk kayak gitu pasti dia udah kebelet. Dan cuma komentar memang. Sementara gw yang harus menanggung nista ngebersihin genangan air berkeseniannya si kucing gemblung itu dari lemari TV. Abis deh tisu satu rol. Bad cat!

Rupanya, ditilik dari riwayat kesehatan jiwanya, Ucel tengah mengalami depresi berat akibat berbagai gosip di tabloid murah-meriah yang mengatakan bahwa Ucel punya affair dengan adeknya sendiri. Hal ini dipicu oleh sebuah pernyataan dari seseorang yang heran ngeliat Ucel blom juga ngoleksi pacar padahal kucing lain seumuran dia minimal udah punya anak tiga. "Kali aja dia nungguin Anyet gede," begitu komentar temen adek gw itu.

DEGG. Jantung gw yang deg-degan ngedengernya. Masa sih Ucel tega kayak gitu? Tomi nggak gitu deh!
Jadi gw yang ikut-ikutan merhatiin tingkah laku kedua kucing itu kalo lagi bercanda. Apakah ada tanda-tanda becanda mereka mengarah ke perilaku romantic love atau cuma sibling love. Untungnya sampe saat ini rumor itu tidak terbukti. Di satu pihak gw malah lega kalo Anyet dideketin sama oom-oom kucing gendut buntut jelek kepala gede yang suka nongkrong di balik pagar. Masih lebih bagus daripada dideketin abangnya sendiri. Amit amiit (sambil ngetok-ngetok meja tiga kali).

Punya dua kucing yang kelakukannya susah ditebak itu emang mixed blessing. Sering gw merasa kalo kucing-kucing itu udah terlalu lama bergaul sama manusia sampe-sampe mereka suka niruin cara kita duduk sambil nonton TV. Posisi tidur mereka seringkali ajaib dan nggak alamiah menurut adat-istiadat spesies kucing seperti nutup muka dan telentang. Kebiasaan bercanda mereka yang kadang-kadang suka berkelebihan sampai menembus batas-batas umur dan taksonomi alias bercanda dengan apaan aja di mana aja masih bisa mengundang gelak. Selera makan mereka juga sering ngebingungin: dikasih abon mahal gak mau, eh malah ngejar-ngejar laler. Heeeghhh! Jadi, gw cuma bisa bertanya-tanya sebenarnya kucing itu binatang lucu atau ngeselin? Mereka itu berkah atau siksaan? Cats: angels or devils?

Pertanyaan itu bikin gw sadar, kalo manusia juga memang punya kecenderungan untuk jadi malaikat atau jadi setan. Gw sendiri, kalo lagi baek, seneng banget ngemandiin mereka pake shampoo dan sabun cair cap susu kambing pas hari lagi panas. Tapi kalo lagi dateng kumatnya, gw juga suka ngewarnain idung mereka pake spidol merah. Pernah suatu hari, adek gw minta gw ngambilin sesuatu berhubung dia udah di pintu dan pake sepatu sementara gw lagi sarapan. Pas gw balik lagi mo ngambil mie rebus yang tadi lagi gw makan, gw ngeliat si Anyet udah ngeduluin gw di piring dengan ngejilat-jilat mie rebus yang enak itu. Gara-gara panik lagi buru-buru mo ke kantor, spontan gw geplak kepala dia. Ouch! Tapi terus gw yang merasa bersalah, sambil minta maaf ke Anyet, ngasih sebagian sarapan gw ke dia.

Sementara gw nulis cerita tentang mereka di postingan ini, kedua kucing itu dengan santainya tidur di atas jok motor menikmati hangatnya matahari sore. Meoowwwww

Comments

Popular Posts