Menunggu Lebaran Kadal

Kayaknya jalan udah gak bisa lebih lebar lagi, flyover gak bisa lebih tinggi lagi, simpang susun gak bisa lebih berlapis lagi, dan underpass nggak bisa lebih dalem lagi buat nyelesain masalah macet di sini. Kalo Gubernur puter otak buat ngakalin macetnya Jakarta, orang Jakarta nggak mo kalah ngakalin aturannya Gubernur.


Cuma orang gila aja yang marah-marah kalo kena macet di Jakarta. Mau menyalahkan siapa? Ibaratnya kalo lebaran kadal dateng baru kita bisa berharap masalah ini selesai. Dan cuma orang gila yang yakin kalo lebaran kadal bakalan dateng.


Aturan Three-In-One yang diperpanjang dari jam 6 pagi sampe 8 malem paling nggak jadi uang kerja tambahan buat polisi. Siapa juga yang kuat melototin satu-satu mobil yang lewat selama 14 jam. Kayaknya mata polisi itu udah kayak mata superman yang bisa nebak isi penumpang di balik kaca film dari jauh. Dulu 'kan niatnya supaya yang punya mobil ngajak-ngajak temen ato tetangga yang searah perginya supaya mobil yang lewat makin dikit. Tapi hari begini di Jakarta mana bisa nyari tetangga yang searah pergi ke kantor. Yang ngasih tumpangan nggak mau repot-repot ngejemput, yang numpang juga ogah. Mungkin juga dua-duanya gak mau kalah, berebutan supaya jadi orang yang ngasih tumpangan. Repot kan kalo begini? Jadilah pembantu-pembantu di rumah pagi-pagi sudah diajak jalan buat nganter si Neng ke kampus. Lumayan 'kan daripada harus bayar joki. Si mBok juga seneng dong diajak jalan-jalan buat refreshing daripada seharian kena asep dapur terus. Sayangnya sampai saat ini gw masih blom dapat pencerahan yang dikategorikan penumpang itu apa harus manusia atau tidak. Apa boleh peliharaan seperti kucing atau iguana diitung penumpang juga? Ato mungkin peliharaan selain binatang, misalnya?

joki 3-in-one kayaknya kerjaan yang paling mulia di dunia
Paling apes kalo nggak ada orang rumah yang bisa diajak serta, terpaksa nawar joki di jalan. Jadi joki 3-in-one kayaknya kerjaan yang paling mulia di dunia. Bisa ngebantu orang yang sedang kesusahan, bisa ngerasain nyamannya bangku mobil-mobil termewah di Jakarta yang bersliweran di Sudirman-Thamrin, udah gitu dibayar pula. Bagus juga kerja begini daripada 'minta-minta' tapi 'nodong' atau "baca puisi" tapi "ngancem". Barangkali perlu juga ada pelatihan joki 3-in-one atau lembaga penyalur joki 3-in-1. Jadi kalo bisa joki 3-in-one itu dilatih bagaimana memilih mobil yang bonafid, seni memasang tarif, dan mengolah topik-topik yang hangat supaya bisa jadi bahan pembicaraan di jalan misalnya seperti "kajian keamanan sistem kotak pemilu-Kaleng atau Triplek?" atau "Pengaruh banjir terhadap stabilitas moneter Indonesia" atau "Strategi pemasaran kripik singkong untuk target pasar ABG". Kalo udah lulus bisa dikasih sertifikat dan seragam barangkali. Dan pemda DKI mungkin bisa menetapkan jenis pungutan baru untuk penggunaan joki bersertifikat ini.

Kalo dijalanin pake sistem ganjil-genap, tetep aja bisa diakalin. Memangnya orang Jakarta segitu miskinnya jadi punya mobil cuma satu? Ya enggak lah. "Hari ini Papa bisa pake mobil yang akhirannya ganjil, yang genap ditaro di garasi aja. Besok baru pake yang genap. Papa pinter ya, Ma?" "Mama naek yang mana dong?"

Ato boleh aja lah cuek nyelonong jalur 3-in-1 sendirian atau make mobil yang bernomor akhir tidak sesuai dengan hari. Cuma siap-siap mesti punya beking minimal mesin ATM, ato tetangga jendral. Ato mungkin anda wartawan, sebab sampai saat ini saya masih beranggapan kalo polisi paling takut ngeliat kartu pers.

Pendek kata sepintar-pintarnya Sutiyoso, masih lebih pintar rakyatnya.

proyek ini mestinya sih gagal supaya tahun depan ada proyek lagi
Ah, bus way ... pingin tahu nih bagaimana proyek yang satu ini bisa berjalan melawan takdir macetnya Jakarta. Rasanya sayang betul kalo sampe nggak jalan dan akhirnya dibatalkan. Sedih juga ngeliat jalur hijau yang udah bagus-bagus itu dibongkar buat dijadiin halte. Tapi tunggu, di sini gw mikir dengan logika pemain kibor debutan. Mungkin kalo pake logika pegawai pemda, proyek ini mestinya sih gagal supaya tahun depan ada proyek "Pembongkaran halte BusWay dan Pembenahan Kembali Jalur Hijau" supaya anggaran tahun 2004 bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ngomong-ngomong, itu supirnya katanya direkrut dari supir teladan, trus dikasih gajinya 2 jt sebulan. Kalo kesempatan ini elo pikir lebih menarik daripada tawaran jadi joki bersertifikat, barangkali tinggal hubungi DLLAJR DKI. Jangan anggap elo hanya jadi supir. Elo jadi ujung tombak gerakan pemberantasan kemacetan di Jakarta dengan motto "Say No To Private Auto". So anybody wants to be one of Jakarta's modern day heros?

Barangkali mestinya kita ngimpor "pintu ke mana saja"-nya Doraemon buat menuntaskan masalah ini? Cuma gw ingetin, mengharapkan pintu itu bisa diimpor dari Jepang sama aja ngarepin lebaran kadal dateng. Jadi masih mau marah-marah lagi?

Comments

Popular Posts