Kata orang sih begitu ... Kalo kata gw sih begini

Ternyata berdasarkan kajian empiris, orang-orang yang lahir di bulan September biasanya punya daftar sifat kayak gini. Masa sih?

SEPTEMBER:

#1 Suave and compromising.
True Iya lah, mendingan tarik ulur kepentingan sedikit daripada berantem. Yang penting semuanya senang. (walaupun semua lebih sering bermakna mayoritas hadirin. Susah banget bikin semua orang senang.)

#2 Careful, cautious and organized.
Kinda Gimana mo organized, padahal gw baru punya organizer sekarang. Yang lama udah diubah fungsinya jadi folder lirik dan tampangnya juga sudah jauh dari kategori organizer.

#3 Likes to point out people's mistakes. Likes to criticize.
Conditionally Ya kalo cuma nunjukin "Maaf om, resletingnya kebuka tuh" ato "Dek, ingusnya tolong itu dilap dikit" yah bisa lah. Tapi kalo nyuruh "Yah itu tolong menteri agama diturunin aja, malu-maluin sanak sodara" ato "aduh ibu presiden, mbok ya minum jamu singset ataw ikutan BL gitu dong biar lebih molegh kliatannya" ya maap-maap aja.

#4 Stubborn.
True Dasar Padang kali yah, Iyokan nan di urang, lalukan nan di awak Apa kata orang sih, diiyain aja toh akhirnya gue ngerjain apa yang gw pinginin. Misalnya gw udah dibilangin jangan kebanyakan jajan es alpukat "Sinar Garut" yang menurut semua orang selain gw bakalan bikin gw gendut, diabet, sakit jiwa, kecanduan, de-el-el. Tetep aja gw beli, dan sekali makan bisa dua bungkus. Pasti gara-gara ada ganjanya Sirop Mocca Sarangsari jadinya gw ketagihan banget. Kayaknya udah banyak banget yang kesel sama kelakuan gw seperti ini.

#5 Quiet but able to talk well.
True With a small note: bukannya pendiem, tapi males aja ngajak atau memulai pembicaraan (I'm trying to work out this!). Terutama di kereta, bus, pesawat, kapal, atao kendaraan lain yang pernah gw naikin.

Gimana sih cara ngemulai pembicaraan yang bagus. Cuacanya bagus, ya Basi. Standar. Terlalu nerjemahin dari buku pelajaran Bahasa Inggris untuk wisatawan. Eh, anak enhai ya. Kayaknya gw pernah ngeliat elo di Gerlong deh. Terlalu spekulatif. Bisa jadi ternyata dia bukan anak enhai, atau malah bukan mahasiswi sama sekali. Jangan-jangan dia dosen ato rektor gitu. Mo ditaruh dimana tuh muka? ATM-nya kira-kira nyala gak ya, mbak? Wah ini dulu paling cocok dipake di ATM BNI di Ganesha atau di Taman Sari yang 2 dari 10 kesempatan selalu rusak itu. Polanya: ATM pasti nyala pas tanggal muda, alias pas duit lagi banyak-banyaknya dan selera makan, nonton bioskop, dan belanja lagi gede-gedenya. Namun ATM pasti rusak, pas tanggal tua pas duit di tabungan tinggal goban-gobannya dan pas lagi butuh duit buat beli pulsa yang grace period-nya habis hari itu.

Ada yang lain sih yang pernah gw coba. mBak, jam berapa ya sekarang? Pernah gw coba dan berhasil membuka obrolan selama tiga jam di KA Parahyangan. Lumayan daripada mesti nyewa majalah seribuan itu atao ngitungin banyaknya kaca retak di jendela kereta lewat atao maksain tidur di bangku yang sangat tidak nyaman itu. Are you american? Gara-gara ini gw ngobrol banyak di Argo Gede sama seorang selandia baru yang baru aja nyampe di Jakarta. Lumayan meskipun banyak I beg your pardon-nya. Nggak jelas apa itu gara-gara gw kurang rajin ke dokter THT atau logat selandia yang jauh dari bahasa Inggris dan lebih dekat ke bahasa burung Kiwi. Memangnya tinggal di Jakarta atau di Bandung? Sering banget gw pake selama gw bolak-balik Jakarta Bandung dulu. Biasanya lanjutannya adalah Oh, sama dong. Jakartanya di mana? atau Oh saya sih kos di Dago. Cibarengkong tuh di mana ya, jarang maen ke daerah-daerah situ sih. Yang nggak usah dicontoh. I believe that seat 14D is the one by THE WINDOW not by THE AISLE Ini sih gara-gara ada cewe India keukeuh kalo bangku nomor C yang deket jendela dan D yang deket gang. Gw sih udah kompromi. Gw iyain aja apa kata dia. Daripada entar ribu-ribut sama turis ini mendingan gw aja yang pindah ke gang walaupun nomor gw D. Kayaknya dia akhirnya malu sendiri tuh, malah dia akhirnya pindah ke bangku bagian belakang yang ternyata kosong. Na chhot, na chooche, nakhre noor jahan ke!

#6 Calm and cool.
True Berbau iklan sekali, meskipun tidak disertai dengan kata-kata confident. Sifat begini sangat-sangat perlu ditonjolkan di saat-saat kesel nungguin KRL yang kelewat molor dari jadwalnya atau di atas bus P20 yang baru setengah perjalanan aja udah dinaiki sama lima orang pengamen dari berbagai macam genre.

#7 Kind and sympathetic.
True Need I say more? :)

#8 Concerned and detailed.
Not anymore Ternyata bersikap mendetil itu terlalu ngabisin waktu.

#9 Loyal but not always honest.
Hard to admit this but: True

#10 Does work well.
Only my employer could pass a judgement over this. Probably I'll put it this way: Does work -only that love best- well. Memang nggak bagus banget. Ada prinsip "Berusaha sebaik-baiknya mengerjakan sesuatu yang tidak anda suka, bahkan menjadi yang terbaik di bidang itu, akan terbukti bermanfaat bagi kehidupan anda kelak." Gw percaya hal ini, jadi kayaknya memang harus dicoba.

#11 Very confident.
Kinda See, I'm not that confident especially when describing a good trait of myself. I think the word very scares me a little bit.

#12 Sensitive.
True I'm sensitive to bright light, to noise caused by high pitched cats' midnight growling, to teribbly-tasted McDonald's meal. Kalo sensitive maksudnya mudah tersinggung, kayaknya gue udah belajar buat ninggalin sifat jelek begini. Jadi orang yang mudah tersinggung itu capek hati. Mendingan dibawa ketawa aja. Dan paling enak memang ngetawain diri sendiri.

#13 Thinking generous.
No Idea Ini maksudnya apaan ya? Gw pikir gw orangnya pemurah atau Orang pemurah yang suka mikir?

#14Good memory.
True Yah paling enggak short term memory capability gw seperti layaknya rata-rata orang lain, tujuh plus minus dua digit (hasil nyobain interactivities Memory di Microsoft Encarta 2002). Gw juga bisa inget adegan-adegan di serial Friends dan Sex and the City walaupun itu gara-gara gw klewat sering minjem VCD-nya dan most of all: sexual material. Kayaknya segala sesuatu lebih gampang diinget kalo diasosiasiin sama hal itu. Mungkin bisa jadi solusi belajar yang bagus :)

Tapi urusan nama, nggak janji. Tip-of-tongue phenomenon untuk urusan nama paling sering gw alamin. Biasanya gw mikir gimana caranya tahu nama ni anak tanpa harus ketahuan bahwa gw tuh lupa nama dia siapa.

+ He Mar, apa kabar lu?
- Eh iya baek (Ni anak inget nama gw, tapi nama dia siapa ya? Ria ... bukan. Yana ... kurang bule. Lia ... itu sih temen SMP. Indra ... kok nggak bejakun. Bu Ratna ... kok nggak ada logat bataknya. Siapa sih) Elo sendiri gimana?
+ Baek juga dong. Gimana sih elu jarang keliatan gituh?
- Biasalah kerjaan. (Sialan nggak buku ato apa kek yang ada tulisan namanya) Sendiri aja? (Masa sih nggak bareng temen, biar gw bisa tahu dari nama panggilannya?)
+ Iya nih. Elo juga ya?
- He-eh, sama. (Ni anak, kalo temen sebangkunya sih gw inget ... Duduknya kalo gak salah deket pintu gitu deh. Perasaan paling sering dipanggil ke depan disuruh ngapus papan tulis. )
+ Lagi nyari apaan?
- Nggak, cuma ngeliat-ngeliat doang. (Sambil ngebuka-buka buku "1001 nama bayi". Kali aja ada nama di situ yang bikin gw inget. Anastasia, Belinda, Catherine, Delilah, Emanuella ... yah jelas-jelas anak ini tidak memiliki tampang untuk dinamai seajaib itu!) Eh iya nih, gw mo cabut. Sori banget deh. Tapi bisa minta nomor hape sama alamat email loe 'kan? (Nyodorin hape, nyuruh dia ngetikin sendiri. Desperate move.)


Tiba-tiba sekarang di benak gw berlintasan wajah-wajah yang gw kenal banget tapi gw udah lupa namanya ...

#15 Clever and knowledgeable.
True Terbukti kalo lagi nonton kuis "Siapa Berani" ato "Who Wants To Be Millionaire" ato "Russian Roulet", gw sering banget teriak-teriak sok pinter "Payah, masak soal bahasa Yunani-nya bumi aja nggak ngerti sih", "Udah jelas xylophone itu dipukul, eh malah elu jawab alat musik tiup!" "Ni anak SMA masak kagak tau kalo planet yang kala revolusinya paling lama itu tuh Pluto". Atau paling nggak gw bisa ngisi 80% TTS hari minggunya Kompas. Tapi lagi-lagi di dunia ini, pertanyaan-pertanyaan kayak gitu sebenernya jarang kita temuin dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ya itu tadi, di dalam kuis. Kayaknya gw nggak bakalan selamat dalam hidup cuma gara-gara gw tahu kalo ibukotanya Pantai Gading itu Abidjan atau Kucing sebenernya bisa berenang, dia cuma benci aja sama air. Dia lebih suka berenang tanpa air..

#16 Loves to look for information.
True Love to google anything.

Termasuk soal-soal yang nggak penting seperti:
"bakso malang cikini"
"Doa minta jodoh"
"lirik cucak rowo"
"Taksonomi Kucing".


#17 Must control oneself when criticizing.
True Yupe. Malahan sebenernya gw paling males mencela-cela orang. Ngapain ngejelek-jelekin orang yang udah jelek. Ngapain juga ngehina-hina orang yang mukanya kayak bemo.

#18 Able to motivate oneself.
False I definitely need others to do that for me. Walaupun gw udah bangun dan sadar, gw masih butuh seseorang buat neriakin gw untuk bangun. Kalo nggak gw pasti bakalan males-malesan trus di atas kasur.

#19 Understanding.
True Kayaknya gw dapet ini dari nyokap. Cuma beliau yang terus-terusan ngingetin gw suapaya bisa ngertiin orang dan jangan minta orang lain ngertiin kita. Emang susah sih tapi kayaknya bagus untuk dipertahankan.

#20 Fun to be around.
True Siapa yang nggak seneng kalo gw udah dateng dengen kibor dan siap untuk ngelayanin rikues yang seaneh-anehnya dari para hadirin. Apalagi gw orangnya penyabar, nggak gampak kesel kalo dicela-cela gara-gara ancur ngemainin lagu permintaan dia. Anak-anak seneng banget ngelilingin gw - sebenernya bukan gw, tapi kibor gw. Pasti abis dipencet-pencetin. Orang-orang tuh sampe bantai-membantai untuk berebut kesenangan yang terletak pada sepotong mikrofon karaoke. Sampe-sampe orang-orang suka ngenanyain tuh kalo gw ternyata gak bisa dateng ke acara dia. "Yaaahh ... coba elu bisa dateng. Pasti 'kan jadi rame." "Nanti nggak seru dong acaranya, gak ada acara nyanyi-nyanyi" "Dateng aja deh ... siapa lagi nih yang bisa ngisi acaranya" Seblom kepala gw nambah besar gara-gara sesi narsistis ini: minimal gw sadar kalo gw dibutuhin demi berlangsungnya acara. Lumayanlah, bisa nyenengin orang.

#21 Secretive.
True Btw, ini artinya apa ya? Bisa jaga rahasia orang? Kalo itu, kayaknya nggak salah lagi. Mulut gw jauh dari ember pecah. Jadi asal uang tutup mulutnya setara dengan besar-kecilnya rahasia yang perlu gw jaga, bisa dipastikan rahasia elo aman sama gw.

#22 Loves sports, leisure and traveling.
True Walaupun ternyata sekarang jadi susah gw jalanin. Seharusnya gw tuh jadi wartawan olahraga atau wisata atau kuliner aja biar bisa jalan-jalan terus dan makan enak terus.

#23 Hardly shows emotions.
True Kecuali positive emotions: happiness, amusement, laughter, excitement. Gw susah nunjukin kalo gw lagi sedih atau lagi marah. Pasti kebanyakan mikirnya, Marah nggak ya? Kalo gw marah dia bisa ngerti gak maksud gw apaan? Kalo gw nunjukin gw sedih entar semuanya ikut-ikutan sedih empathic. Kalo gw nujukkin gw lagi bete, entar ditanya-tanyain kenapa. Males banget. Berhubung gw nggak dikenal sebagai orang yang pemarah, gw pikir kalo gw nunjukin gw marah, pasti orang nyangka gw lagi meledak. Jadi akhirnya gak jadi marah. Dan memang dengan marah-marah, gw nggak bakalan bisa nunjukin apa yang bikin gw kesel dan gimana membenahi apa yang bikin gw kesel itu.

Ada dua jenis orang pemarah: eksplosif dan implosif. Orang yang eksplosif adalah orang yang dateng petantang-petenteng ke meja kasir terus gedor-gedor meja dan ngebentak-bentak si pelayan. Orang yang implosif adalah si pelayan yang kalem-kalem aja walaupun mejanya digedor-gedor, tapi diem-diem ngeluarin pistol trus nembakin semua orang di toko


#24 Tends to bottle up feelings.
True Nyambung sama yang di atas juga.

#25 Very choosy, especially in relationships.
True Walaupun tidak usah dilebih-lebihkan dengan kata-kata very. Semua orang toh pasti milih-milih. Gw nggak pernah dateng ke restoran trus langsung, tanpa ngeliat menu dulu, langsung pesen makanan. Gw nggak pernah nyalain TV tanpa didahului dengan ritual ngegonta-ganti saluran. Gw nggak pernah beli tiket bioskop trus langsung dengan percaya dirinya nunjuk nomor bangku "D6, seperti biasanya mBak". Gw nggak pernah beli tiket kereta tanpa mikir-mikir, "kalo deket jendela enak sih, pemandangannya lebih bebas, trus bisa tiduran nyandar ke dinding, tapi bahaya juga kalo-kalo anak-anak berandalan itu udah mulai nimpuk-nimpukin kereta api pake batu yang kalo kena kepala benjolnya lumayan itu. Kalo deket gangnya, pasti lebih aman tapi pasti gw kesenggol-senggol terus sama petugas restorka yang ngedorong-dorong kereta atau orang yang bolak-balik ke toilet ... "

Apalagi soal relationship. "Aduh ni anak udah bagus banget, coba aja kalo kebiasaan ngupilnya dikurangin sedikit" "Wah nggak tahan, manja banget ... " "Kayaknya nggak semeja banget sama gw, masa sih nggak tahan makan seafood ... Ada kumisnya lagi" "Yah ... anak Bandung. Entar susah ah mesti pake acara telpon-telponan jarak jauh, nggak pake maen fisik lagi ... " "Udah bagus banget sih ... tapi masa gak bisa diajak ngomong sih. Kalo kakaknya cocok tuh, tapi katanya kalo seumuran kurang bagus ..." Curhat nih ceritanya ... Intinya milih-milih tu perlu juga asal wajar aja. Koleksi. Seleksi. Resepsi.

#26 Systematic.
Kinda Liat aja postingan ini. Kurang sistematis gitu?

Get to know yourself

Comments

Popular Posts