Pulang dari kantor kemarin

... gw mampir di Atrium Senen. Kayaknya bukan cuma mampir, tapi udah jadi ritual yang wajib gw kerjain sebelum pulang ke rumah.

Tujuan utama biasanya, Gunung Agung. Muter-muter nggak jelas di dalem, sampai akhirnya - dalam semangat untuk menyelamatkan muka di depan kasir - ngebeli 3 majalah musik dan satu organizer. Tiga majalah musik ini kayaknya gw butuhin soalnya untuk siap-saip acara sabtu-minggu nanti. Adek gw ngajak ke acara AFS di puncak. Another paid vacation? Lord is Great! Yang tentunya sudah pasti tidak bisa gw tolak. Syaratnya: gw mesti siap-siap sama lagu-lagu sekarang yang lagi ngetop. Seblom kerja biasanya gw masih rajin ngedengerin radio, terutama radio Ardan itu yang paling depan dalam urusan lagu-lagu top 40. Kalo sering ngedengerin kayak gitu, udah pasti gw apal banget lah lagu-lagu terkini. Nah sekarang gw cuma ngandelin mp3 gw yang lagunya terlalu beautiful golden memories itu. Kebayang kalo entar ada yang nanya:

+ lagunya Glenn yang Januari itu dong?
- Ehmm ... blom pernah denger tuh.
+ Kalo nggak Semusim-nya Marcell aja deh?
- Sama.
+ Ato nggak lagunya John Mayer, yang ... Your body is a wonderland?
- (bengong)

Emang biasanya kalo gw maen, jarang-jarang banget ada yang minta lagu gitu. Paling banter lagu-lagu yang ngetop jamannya opa-oma masih pacaran naek sepeda kumbang goncengan pergi ke bioskop nonton film koboi. Ato nggak cucakrowo, yang lagunya gampang banget, bisa dimainin sama anak playgroup sambil merem. I smirk whenever I get this kind of cheesy request, but I do play just to keep the crowd happy and to avoid any blood bath. In short, I play it in the name of world harmony.

Berhubung sekarang audiencenya anak-anak muda - yah, bangsa dua-tiga tahun di bawah gw - kayaknya kalo ngak bisa ngikutin lagu sekarang, gw berasa tuuuuaaaaaa banget. Makanya gw beli majalah-majalah itu. Buat siap-siap.

Kalo organizer sih buat gaya-gayaan doang. Mungkin entar buat nyatet catatan keuangan gw, jadi semacam ledger yang mudah-mudahan bisa ngontrol anggaran belanja gw yang selama ini sering jebol justru gara-gara gw pake debit card. Emang masih mending pake debit card. Paling pol tabungan jadi nol, impas. Kalo pake credit card sih bisa-bisa gw jadi pengutang yang insomnia mikirin debt-collector yang sebentar-sebentar nggedor-gedor pintu rumah dan nelpon dengan teror kata-kata ajaib yang bikin nyali ciut.

Credit cards, like dentists and estate agents, are one of life's necessary evils - everyone despises them with every single fibre of their entire being, but they have little choice but to make use of them at one time or another in their lives.


Tapi tetep aja debit card bikin gw jadi boros. Pingin ketawa baca advertorial di halaman B1 Koran Tempo kemarin. Debit Plus BNI. Cara yang terbaik untuk mengajarkan kecerdasan finansial bagi anak-anak anda. Sebagin besar paragraphnya sih pasti ngambil dari bukunya Robert T. Kiyosaki "Cashflow Quadrant", "Rich Dad, Poor Dad", dan "Rich Dad's Guide to Investment". Tapi malah diplintir-plintir supaya nyambung bahwa "blah blah blah ... dengan memilih debit card BNI bagi anak-anak anda, anda bisa membantu mengajarkan mereka tentang kecerdasan finansial." Yeah right!

Dumb Shoppers' Law #34
Kalo elu ngebawa belanjaan yang cuma sedikit, maka kemungkinannya begitu elu nyampe kasir, ternyata di situ udah penuh dengan orang-orang yang ngantri ngebawa belanjaan banyak banget.

Comments

Popular Posts